10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal Tanpa Kita Sadari

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting karena fungsinya dalam menyaring darah sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. Jika ginjal rusak atau tidak berfungsi dengan normal maka cepat atau lambat organ tubuh yang lain juga akan mengalami gangguan karena darah yang tersirkulasi ke tubuh tidak terfilter.

Sayangnya gaya hidup dan pola makan tidak sehat yang dijalani setiap hari dapat mempercepat kerusakan pada ginjal dan pada akhirya ginjal tidak bisa berfungsi sama sekali.


Di artikel gudanginfo.net kali ini kita akan membahas beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal tanpa kita sadari:

1. Kurang minm air putih

Darah jadi kental dan sulit difilter oleh ginjal jika tubuh kekurangan cairan. Akibatnya zat atau limbah hasil penyaringan akan menumpuk dan menyebabkan ginjal terganggu.

2. Terlalu banyak makan garam

Makanan yang mengandung garam akan terasa lebih nikmat di leher padahal kebutuhan garam manusia sehari-hari tidak begitu banyak. Asupan garam berlebih akan meningkatkan tekanan darah dan membebani kerja ginjal.

3. Konsumsi gula berlebihan

Gula buatan adalah salah satu makanan tidak sehat yang sebaiknya dihindari dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering. Beberapa studi menunjukkan orang yang terlalu sering konsumsi gula menunjukkan peningkatan kadar protein pada urin-nya. Protein pada urin adalah pertanda ginjal tidak berfungsi dengan normal.

4. Menahan pipis

Menahan pipis akan membebani ginjal dan apabila sering dilakukan akan menyebabkan timbulnya gangguan seperti batu ginjal dan beser.

5. Sering begadang

Tidur adalah cara tubuh untuk beristirahat setelah seharian bekerja. Orang yang begadang berarti memaksa organ tubuhnya termasuk ginjal untuk terus aktif. Cepat atau lambat ginjal akan rusak akibat beban kerja yang melebihi kapasitasnya.

6. Minum kopi dan teh berlebihan

Asupan kafein dalam kopi dan teh ternyata memberi dampak buruk bagii ginjal. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah sehingga ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya. Jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama maka lambat laun ginjal akan terganggu.

7. Kurang vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral dalam makanan sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama ginjal. Sayangnya kebanyakan orang mengonsumsi makanan instan dan cepat saji yang miskin mineral. Akibatnya ginjal jadi tidak maksimal dalam berfungsi.

8. Terlalu banyak konsumsi makanan hewani

Ginjal bekerja lebih keras saat protein hewani masuk ke dalam tubuh. Batasi asupan protein dari hewan dan gantilah dengan protein nabati atau daging putih.

9. Konsumsi obat

Obat penahan sakit seperti aspirin memberi dampak buruk bagi ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Obat kimia seperti itu dapat menyebabkan gangguan kronis pada ginjal dan hati.

10. Minum alkohol

Alkohol memberi dampak negatif bagi kesehatan terutama jika diminum dalam jumlah banyak dan sering. Ginjal akan bekerja lebih keras dalam mengurai dan memfilter sekaligus mengurai zat toksin akibat alkohol.

Ginjal sangat penting bagi kesehatan dan karena itu wajib dijaga agar tidak bekerja over dosis dengan cara menjalani gaya hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Demikian informasi singkat 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal, jangan lupa bantu sebarkan artikel ini ke teman yang lain.

IKLAN
Tag : KESEHATAN IKLAN
Back To Top