Ini Alasan Mengapa MELIHAT Gerhana Matahari Total Secara Langsung Sangat Berbahaya.. BANTU SEBARKAN!

Tidak lama lagi Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT) yang menurut pakar astronomi akan melewati beberapa daerah seperti Palembang, Bangka Belitung, Pangkalan bun, Sampit, Balik Papan, Poso, Ternata dan Palu.

Sementara kota-kota lain di Indonesia juga mengalami GMT tapi tidak 100% yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Solo, dll.

Tentunya sangat menarik untuk bisa melihat fenomena alam yang jarang ini, namun anda perlu sangat berhati-hati dan tidak melihat gerhana matahari secara langsung tanpa pelindung mata.



Karena walaupun kondisi sedang tertutup bulan melihat matahari secara langsung dapat menimbulkan gangguan penglihatan ringan sampai gangguan penglihatan permanen.

Pada saat melihat gerhana matahari secara langsung maka sinar ultra violet akan tertuju ke bagian dari retina mata yang disebut daerah fovea-macula.

Sinar ultraviolet yang menuju ke arah fovea dan macula di retina ini akan membuat kerusakan jaringan di daerah tersebut oleh karena mekanisme fotomekanik. Kondisi gangguan ini disebut juga Solar Retinopathy / Solar Ecclipse Retinopathy.

Ultraviolet yang masuk ke dalam fovea ini merangsang timbulnya banyak radikal bebas yang akan menghasilkan reactive oxygen spesies yang sifatnya merusak jaringan fovea di retina.

Selain itu juga terjadi kerusakan karena peningkatan suhu di daerah fovea mata mencapai lebih dari 10-25 derajat celcius sehingga merusak jaringan tersebut.

Bagaimana mengatasi Solar Eclipse Retinopathy ini?

Tentu saja cara paling ampuh ialah pencegahan. Jangan melihat ke arah gerhana matahari secara langsung tanpa perlindungan apapun.

Tidak ada obat yang dapat mengobati kondisi gangguan penglihatan akibat melihat gerhana matahari secara langsung ini, karena itu sebaiknya dihindari.

Contoh kasus gangguan penglihatan akibat melihat gerhana matahari secara langsung pernah dilaporkan di Ghana, Africa pada tahun. 2006  dan bisa dibaca disini http://www.bioline.org.br/pdf?jh07024

Bagaimana cara agar dapat melihat gerhana matahari?

Satu-satunya jalan untuk melihat gerhana matahari ialah dengan melihat dengan menggunakan alat pelindung mata.

Alat pelindung mata yang  harus dipakai ialah alat pelindung mata yang direkomendasikan oleh NASA untuk melihat gerhana matahari yaitu kacamata hitam ( sunglasses) dengan filter welder no 14.

Penjelasan tentang filter solar yang dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari secara langsung dapat dilihat di http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEhelp/safety.html


IKLAN
Tag : Info IKLAN
Back To Top